Monday, 28 December 2015

Review : IEM Abingo S500i Best Cheap IEM ?

Spesifikasi: 
  • Merek & Model : Abingo S500i
  • Konektor :3,5 mm jack audio
  • Speaker drive :10mm
  • Sensitivitas :102dB 3dB
  • impedansi : 16 Ohm
  • Frequency Response : 20Hz - 20KHz
  • Panjang Kabel :1.2m
  • Plug Type : 3.5mm Stereo
  • Max Power :20mW
  • Sensitivitas Mikrofon :-43 3dB


Earphone Murah
Abingo S500i
Build quality, Packing,Accessories

Packing : 

Abingo S500i ( semua series nya sama S100i,S600i) termasuk mewah untuk ukuran harga 100 ribu rupiah. Tidak terkesan produk abal - abal, bahkan bila mau di compare dengan produk dengan harga 10 kali lipatnya seperti Shure SE 215 , kemasan Abingo ini jauh lebih menarik dan elegan serta mewah. 


Earphone Murah
Packing Abingo S500i sangat mewah untuk ukuran harga 100 ribuan


Accesories : 

Adanya hardcase jadi nilai plus tersendiri. S500i untuk seri yang ada di saya tidak disertai foam tips ( Mirip dengan comply foam). Dibeberapa seller tersedia paket penjualan yang menyertakan foam tips .Untuk ear tips Abingo S500i menyertakan 3 ukuran S,M,L dengan ukuran M yang terpasang di IEM memiliki warna berbeda dari ukuran S dan L nya ( Transparan). Kualitas eartips Abingo S500i cukup baik nyaman dipakai, mengisolasi suara dari luar dengan baik. Namun saya kurang cocok, dan lebih suka menggunakan spin fit tips. 


Kelengkapan Abingo S500i


Build quality :

Housing terbuat dari bahan metal, dengan finishing yang sangat baik. Penanda kanan dan kirinya jelas ditandai dengan lingkaran berwarna merah untuk sisi kanan dan biru untuk sisi kiri. Selain lingkaran berwarna , tulisan R & L terlihat jelas di bagian belakang housing .

Housing Abingo S500i terbuat dari bahan Metal


Desian Abingo S500i mirip dengan desain Dunu DN-13 Crius . Sedikit lebih panjang dan pada sambungan housing dengan kabel Dunu DN-13 Crius masih menggunakan sambungan karet sedangkan Abingo S500i menyatu dengan housing berbahan metal. 
Dunu DN-13 Crius 





Kabel Abingo S500i ini mirip dengan kabel iem custom yang di twist lalu dibalut dengan pembukus berbahan plastik / rubber bermotif karbon kevlar.Dengan bentuk seperti itu Abingo S500i lebih rapi saat digulung dan juga membuka gulunganya. 

Microphone Abingo S500i bekerja dengan sangat baik, memiliki suara yang baik dan bisa menjadi remote bagi player music di smartphone 


Bentuk untuk kabel Abingo S500i 


Jack Abingo S500i belum L shape atau J Shape, namun sudah gold plated. Finishingnya rapi dan terbuat dari bahan metal yang sama dengan housingnya.


Jack Abingo S500i masih bentuk standart 


Sound

Secara garis besar sound signature dari Abingo S500i ini Balance sedikit mengarah ke warm. Bila anda pernah mencoba Abingo S100i yang memiliki sound signature bright dengan bass yang "cukup" saja, Abingo S500i versi upgrade Abingo S100i dengan penambahan kuantitas di sektor bass.

Bass

Bass Abingo S500i ini sedikit boomy namun hentakanya lembut. Jangkauan frekuensi nya jukup luas membuat low bass mid bass dapat dipersentasikan dengan apik. Untuk menikmati musik EDM Abingo S500i dapat memberikan sensasi Bass yang menghentak namun tetap rapi dan lembut.

Untuk musik - musik metal / rock / yang membutuhkan speed bass yang cepat, Abingo S500i masih bisa mengimbangi. Detail double pedalnya dan suara gitar bass terpisah dengan baik.

Mid

Vocal Abingo S500i pas di tengah, di lagu - lagu tertentu sedikit maju tapi tidak menusuk. Cukup enjoy untuk menikmati musik - musik jazz,audiophile, pop. Bila dipadukan dengan set up berkarakter bright , karakter Vocal Abingo S500i sangat baik, forward,basah dan intim. Penggunaan spin fit sangat saya anjurkan untuk mendapatkan Vocal terbaik dari Abingo S500i mengingat karakter bass yang boomy sedikit mengurangi kuantitas mid range dari Abingo S500i saat medengarkan lagu - lagu pop kekinian semisal Ellie Goulding, Isyana Sarasvati dan lain lain.

Treble

Cukup ngecring, detail dan tidak tajam. Tekstur dari treble Abingo S500i ini lebih halus dibanding Abingo S100i, Phrodi POD 007 dan Knowledge Zenith KZ GR. Tingkat detailnya sangat baik, tidak ada suara bertumpuk.

Kesimpulan

Salah satu IEM "Kere Hore" terbaik di tahun 2015 ini. Dengan harga 100 ribu ( paling mahal adalah 125 ribu ) Abingo S500i hadir dengan segudang kelebihan yang melebihi dari harganya.

Fitur Microphone, Hardcase,Housing berbahan metal dan sound quality sangat baik membuat Abingo S500i menjadi Best Value IEM 2015 versi saya :D

Should to Buy ? Yes! Untuk anda yang mencari IEM dengan karakter all rounder dan membutuhkan microphone untuk smartphone anda, Abingo S500i ini adalah pilihan yang tepat.

Untuk anda yang ingin mencoba IEM dengan kualitas diatas harganya , Abingo S500i patut dicoba !


Pros: 

  • harga yang murah
  • kelengkapan aksesoris yang mumpuni
  • sound quality yang baik
cons

  • bass sedikit boomy dan meleber saat out of box, butuh penyesuaian ( entah dengan burning atau menggunakan setting equalizer) 
  • eartips bawaan kurang nyaman untuk telinga sensitif ( kurang lembut) 
Diclaimer : 

Review ini pure berasal dari penulis tanpa adanya "titipan" dari distributor dan review ini dibuat dengan budget sendiri ( bukan barang demo) :D 

2 comments:

  1. Terimakasih reviewnya jarang2 ada review earphone coba bikin di youtube om. Btw nice info saya mau beli soalnha

    ReplyDelete
  2. Gan, mau tanya dong..
    Sama remax RM-580 karakternya bagus mana?

    Kali aja udah pernah coba RM-580

    ReplyDelete