Thursday 18 February 2016

Review Singkat Basic IE-300 sHD

Basic IE 300 sHD

Adik dari Basic IE-200 , yang merupakan in ear monitor dengan fitur detachable cable MMCX yang mirip dengan digunakan di iem shure SE series. Warna biru transparan mengingatkan kita pada iem Shure SE 215 SP .

Spesifikasi 

• Drive Unit : 9.2mm Speaker
• Impendance : 16ohm
• Sensitivity : 92dB +/- 3dB/mw 1KHz
• Frequency Response : 20-20KHz
• Maximum Power Input : 10mW
• Cable Length : 1.2M TPE wire
• Plug : 3.5mm plug
• Microphone : -38dB Mic Sensitivity

Kelengkapan :

Paket Penjualan Basic IE-300 sHD



  • 3 pasang silicone eartips (s,m,l) 
  • 1 pasang ear foam
  • 1 kabel dengan microphone 
  • 1 kabel tanpa microphone 
  • 1 Soft Pounch 
  • 1 clip penjepit kabel
Dari segi kelengkapan tidak jauh berbeda dengan Basic IE-200 hanya ada penambahan kabel dengan microphone saja , sisa nya sama.

Build Quality

Housing dari Basic IE-300 sHD terbuat dari plastik yang cukup kokoh, mirip dengan bahan yang digunakan Basic IE-200. Perbedaan nya dan menurut saya adalah kekurangan adalah penunjuk sisi kanan - kiri tidak terdapat pada Basic IE-300 sHD.

Basic IE-200 VS Basic IE-300 sHD
Berbeda dengan Basic IE-200 yang memiliki tampilan kabel unik, tampilan kabel Basic IE-300 sHD ini hanya dibalut rubber hitam. Memang diameter ketebalan kabel Basic IE-300 sHD lebih tebal dibanding Basic IE-200, namun saya lebih merasa nyaman dengan design Basic IE-200 yang lebih gagah dan unik .

Kabel Basic IE-300 sHD selain lebih tebal dari Basic IE-200 juga lebih taggle free alias tidak gampang kusut. Memberikan kemudahan tersendiri bila anda ingin menggulung dan juga melepaskan gulungan kabel Basic IE-300 ini.

Untuk silicone eartips dan earfoam memiliki kualitas yang cukup baik, tapi saya sarankan untuk tidak menggunakan earfoam karena teksturnya kurang lembut. Memory Foam pada earfoam bawaan Basic IE-300 sHD termasuk katagori keras. Bagi anda yang memiliki bentuk liang telinga kecil akan sedikit tersiksa dengan kondisi earfoam yang keras ini.

Sound Quality

Secara garis besar sound signature dari Basic IE-300 sHD ini adalah Mid Centris, dimana area mid range nya begitu superior dibandingkan deangan bass dan treble nya sendiri.

Bass

Bass disajikan cukup, tidak berlebih dan tidak kurang. Hentakan bass nya lembut tidak ada kata boomy pada Basic IE-300 sHD (setidaknya bila pemakaian tanpa menggunakan bass booster). Bass nya sedikit berantakan dan kurang terbagi dengan baik antara low bass dan mid bassnya. Bass Basic IE-200 jauh lebih rapi dan kuat bila dibandingkan Basic IE-300 sHD.

Mid Range

Mid Range adalah menu spesial dari Basic IE-300 sHD . Persentasi mid range yang maju, terasa begitu intim ditelinga. Sayang power dari mid range nya kurang kuat sehingga dibebarapa frekuensi terasa kurus dan bahkan silbance .Tapi tidak begitu menggangu .

Treble

Treble Basic IE-300 sHD cukup ngecring , tidak menusuk dan sebenernya lebih ke arah treble kalem dan lembut. Kurang adanya tekstur pada treble Basic IE-300 sHD ini membuat detail menjadi kurang apik.

Kesimpulan

Sebenarnya saya sedikit kecewa dengan Basic IE-300 sHD,Karena secara overall sound qualitynya masih belum bisa masuk katagori istimewa. Bahkan bila dibandingkan dengan Basic IE-200 saya masih lebih suka sound quality Basic IE-200. 

Basic IE-300 sHD ini kurang cocok bagi anda yang mencari Bass berkualitas dan bertenaga, Basic IE-300 sHD ini cocok untuk anda yang ingin mencari Mid Range yang clear, forward dan sedikit airy. 




No comments:

Post a Comment